top of page

ShapeCatcher: Bantu Menemukan Simbol Hanya Dengan Coretan

Saat bekerja sebagai desainer grafis, kamu mungkin pernah mengalami kesulitan menemukan simbol yang tepat untuk melengkapi desain kamu.

Namun, dengan adanya teknologi internet, kamu tidak perlu khawatir lagi karena ada banyak situs web dan ekstensi browser yang dapat membantu kamu menemukan simbol dengan cepat dan mudah. Salah satunya adalah Shapecatcher.

Baca Juga 5 Game Online UI UX, Bisa buat Mempertajam Keterampilan Desain

Apa itu Shapecatcher?

Shapecatcher adalah situs web yang memungkinkan kamu mencari simbol dengan hanya menggambar karakter simbol tersebut menggunakan mouse atau touchpad.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi menggunakan kata kunci untuk mencari simbol yang sesuai dengan desain kamu.

Fitur website ini sangatlah mudah digunakan. Kamu hanya perlu menggambar simbol yang kamu butuhkan menggunakan mouse atau touchpad pada kotak yang disediakan di halaman utama.

Setelah itu, sistem akan mencocokkan gambar simbol yang kamu buat dengan database karakter simbol yang tersedia di situs ini.

Setelah sistem berhasil mencocokkan karakter simbol yang kamu inginkan, Shapecatcher akan menampilkan beberapa opsi karakter simbol yang paling mirip dengan gambar yang kamu buat.

Selain itu, situs ini juga menyediakan informasi tentang karakter simbol tersebut, termasuk kode Unicode dan gambar karakter simbol dalam format PNG.

Tidak hanya itu, website ini juga menyediakan beberapa fitur tambahan yang berguna bagi para desainer grafis.

Misalnya, situs ini menyediakan opsi untuk menyimpan karakter simbol ke dalam favorit sehingga kamu dapat mengaksesnya dengan mudah di kemudian hari.

Shapecatcher juga menyediakan opsi untuk mengunduh karakter simbol dalam format SVG atau EPS sehingga kamu dapat dengan mudah mengimpor karakter simbol tersebut ke dalam software desain grafis favorit kamu.

Baca Juga 10 Ekstensi Chrome untuk Desainer dan Pekerja Kreatif yang Wajib Dimiliki

Cara menggunakan ShapeCatcher

1. Kunjungi laman http://shapecatcher.com/.

2. Gambar karakter atau simbol yang ingin kamu cari di kotak yang telah disediakan.

3. Kamu dapat menggunakan mouse atau touchpad untuk menggambar atau menuliskannya secara manual menggunakan perangkat sentuh.

4. Setelah selesai menggambar, klik tombol “Recognize” untuk memulai pencarian.

5. Nanti, website akan menampilkan karakter Unicode yang cocok dengan gambar yang kamu buat di bawah kotak teks.

Baca Juga 12 Software Edit Video Gratis untuk Mac OS yang Terbaik dengan Fitur Lengkap

Jika hasil pencarian tidak sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu dapat mengulangi prosesnya dengan menggambar ulang karakter atau simbol.

Dengan ShapeCatcher, kamu dapat mencari karakter atau simbol yang sulit ditemukan di secara mudah. Nah, tadi adalah penjelasan selengkapnya soal Shapecatcher dan cara menggunakannnya.

#caramenemukansimbol #websiteShapeCatcher #ShapeCatcher #adobeillustrator #desaingrafis #ShapeCatcheradalah #caramenemukansimbolhanyadengancoretan #adobephotoshop #sekolahdesain #pelatihandesain