top of page

Perbedaan Textures dan Materials di 3D Modeling, Ini Penjelasannya 

Jika kamu sedang mempelajari dunia 3D modeling, kamu mungkin pernah mendengar istilah “textures” dan “materials”.

Keduanya digunakan untuk memberikan detail pada objek 3D, namun keduanya memiliki perbedaan.

Dalam artikel ini, Sekolah Desain akan membahas perbedaan textures dan materials di 3D modeling, dikutip dari Makeuseof.com

Baca Juga 5 Aplikasi Stop Motion Terbaik 2023 di Android dan iOS

Perbedaan Textures dan Materials di 3D Modeling – Freepik

Textures

Textures adalah gambar 2D yang digunakan untuk memberikan detail pada permukaan objek 3D.

Mereka digunakan untuk memberikan efek visual seperti kerutan, goresan, dan noda pada permukaan objek.

Misalnya, jika kamu ingin membuat dinding batu yang terlihat seperti nyata, kamu dapat menggunakan texture batu untuk memberikan detail pada permukaannya.

Textures diterapkan pada permukaan objek melalui proses yang disebut “UV mapping”. Proses ini melibatkan meletakkan potongan-potongan tekstur pada permukaan objek seperti menempelkan stiker.

Potongan-potongan tersebut kemudian dirapikan dan diatur sehingga tampak halus dan realistis.

Textures umumnya diterapkan pada objek dengan bantuan perangkat lunak 3D modeling seperti Autodesk Maya, Blender, atau 3DS Max.

Ada banyak sumber textures yang tersedia di internet dan juga dapat dibuat secara manual dengan menggunakan software editing gambar seperti Adobe Photoshop.

Baca Juga Apa Perbedaan Motion Graphic dan Animasi? Ini Penjelasannya

Perbedaan Textures dan Materials di 3D Modeling – Freepik