top of page

Belum Lolos Seleksi Kartu Prakerja Juga? Mungkin Kamu Nggak Melakukan 7 Tips Jitu Ini!

Siapa sih yang gak tertarik untuk ikut seleksi Kartu Prakerja? Tentunya semua orang tertarik, karena banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan. Program kartu prakerja gelombang ke 12 kabarnya akan dibuka pada awal tahun 2021 mendatang. Tau ga sih, dengan kartu prakerja kamu bisa mendapat kesempakatan mengikuti pelatihan secara GRATIS. Ga cuma itu, peserta kartu prakerja juga mendapat insentif Rp 600.000 per bulan selama empat bulan pelatihan. Tentu ini menjadi kesempatan berharga buat masyarakat Indonesia.

Buat kamu yang masih belum lolos seleksi, ada kabar baik, nih. Kartu Prakerja masih menyediakan kuota untuk 1,8 juta orang pada gelombang-gelombang berikutnya. Apalagi, banyak masyarakat yang mengeluh karena gagal mengikuti seleksi. Bahkan, ada yang sampai gagal sebanyak tiga kali.

Nah, supaya kamu bisa lolos seleksi Kartu Prakerja, coba ikuti tips lolos seleksi Kartu Prakerja berikut ini:

  1. Teliti dan perhatikan detail saat mendaftar

  2. Pastikan nomor HP-mu aktif dan sudah benar

  3. Kerjain tes sebaik mungkin

  4. Jangan lupa klik “Gabung”

  5. Setujui halaman persetujuan

  6. Ga lolos sampe 3 kali? Bikin Surat Pernyataan!

  7. Cek Hasil Seleksi secara Berkala

Dari 7 tips diatas, yuk kita ulik satu per satu!

  1. Teliti dan perhatikan detail saat mendaftar

Saat mendaftar Kartu Prakerja kamu akan diminta memasukkan NIK, nomor KK, dan tanggal lahir. Selain itu, kamu juga harus verifikasi foto KTP. Pastikan kamu mengisi data diri dengan benar dan detail ya. Foto KTP juga harus sejelas mungkin supaya bisa terbaca oleh sistem.

2. Pastikan nomor HP-mu aktif dan sudah benar

Setelah kamu selesai mengisi data diri dan mengupload foto KTP, masukkan nomor HP dengan benar dan jangan sampai nomornya sudah tidak aktif ya. Soalnya nanti harus diverifikasi dan nomor yang didaftarkan telah digunakan minimal selama 3 bulan dan tetap aktif selama mengikuti program prakerja. Jika ga memenuhi syarat ini, kemungkinan lolos seleksi jadi sangat kecil lho. Jadi, pastikan nomor hpmu udah aktif lebih dari 3 bulan ya!

3. Kerjain tes sebaik mungkin

Setelah mengisi data dan verifikasi nomor hp selesai, maka kamu wajib mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Baca setiap soal dengan benar ya, hindari mengisi jawaban dengan ngawur. Karena, nilai tes merupakan salah satu faktor penentu kelolosanmu.

4. Jangan lupa klik “Gabung”

Setelah selesai mengerjakan seluruh soal tes pada tes motivasi dan kemampuan dasar, segera ikuti gelombang yang tersedia guys. Caranya gampang banget! Klik tombol ‘Gabung’ dan pilih ‘Ya, Gabung’.

5. Setujui halaman persetujuan

Setelah klik ‘Gabung’ akan muncul Persetujuan Kartu Prakerja yang berisi pernyataan. Pastikan data yang tertera udah sesuai dan benar adanya ya guys. Lalu kamu tinggal klik ‘ Saya menyetujui’ untuk bisa lanjut ke tahap berikutnya.

6. Ga lolos sampe 3 kali? Bikin Surat Pernyataan!

Kalau kamu gagal seleksi program Kartu Prakerja hingga 3 kali, maka segeralah bikin surat pernyataan. Nah isinya surat pernyataan gagal bisa diunduh filenya disini. Lalu, kirimkan ke email kepesertaan@prakerja.go.id.

Kalau gagal seleksi gelombang karena kuota habis, kamu bisa ikut seleksi periode gelombang berikutnya dan ga perlu mengulang lagi proses daftar dari awal.

7. Cek Hasil Seleksi secara Berkala

Biar ga ketinggalan, kamu harus ngecek hasil seleksi secara berkala nih. Soalnya nanti ada jangka waktu 30 hari untuk segera mengambil pelatihanmu. Kalau lebih dari 30 hari belum juga mengambil pelatihan, maka akan dianggap HANGUS guys.

Jangan sampai ketinggalan ya, rajin-rajin cek aja siapa tau abis baca artikel ini auto lolos hihihii ..

Supaya kamu bisa lolos seleksi Kartu Prakerja dan jadi peserta pada Gelombang 12, pastikan kamu melakukan 7 hal diatas, ya! Jangan abaikan peluang untuk upgrade skill secara GRATIS dari Pemerintah. Jika kamu lolos seleksi, kamu juga bisa mengikuti pelatihan di Kelas Prakerja Sekolah Desain, lho! Semoga berhasil!

#insentifprakerja #kartuprakerja #prakerja #lolosprakerja #sekolahdesain #pelatihanprakerja