9 Tips Membuat Logo yang Baik dan Menarik
Logo adalah elemen yang penting untuk sebuah perusahaan, bukan hanya sebagai visual tapi juga sebagai inti dari upaya branding produk.
Oleh karena itu, untuk menghasilkan logo yang bagus harus mewakili esensi dari kepribadian perusahaan.
Pembuatan logo juga tak bisa sembarang, jika ingin menghasilkan logo mudah diterima, berikut adalah tips membuat logo yang baik dan menarik.
Tentukan ikon yang sesuai
Dalam memilih ikon untuk logo tidak bisa sembarangan, tapi harus disesuaikan dengan image merek atau perusahaan.
Ikon gambar yang menunjukkan produk atau layanan terkadang tak selalu bisa bekerja dengan baik.
Makanya sebagai desainer harus mengeksplorasi lebih banyak ikon out of the box yang unik tapi tetap sesuai branding.
Misalnya ikon “swoosh” atau wing pada produk Nike menggambarkan kecepatan, gerakan kekuatan, dan motivasi.
Ikon tersebut sangat sangat cocok untuk sebuah produk olahraga, terlebih logonya mudah diingat oleh masyarakat karena simpel.

Nike – Unsplash
Manfaatkan ruang yang ada
Sebagian perusahaan memang tak membutuhkan tagline untuk mengekspresikan image mereka dalam sebuah logo.
Namun tak ada salahnya untuk menambahkan tulisan seperti tagline ataupun nama. Apalagi jika tersisa ruang yang bisa dimanfaatkan oleh desainer dengan baik.
Desainer bisa membaginya menjadi dua baris dengan mempertahankan font dan ukuran yang sama untuk kedua baris untuk menghasilkan logo yang menarik.
Eksplorasi huruf besar dan kecil
Terkadang logo bisa menjadi lebih menarik karena detail kecil yang ditambahkan oleh desainer.
Misalnya jika ada sebuah ikon yang digunakan, bisa juga ditambahkan detail simpel yang membuatnya jadi terlihat lebih berkesan.
Secara umum logo berukuran besar biasanya memberikan rasa otoritas yang kuat, sedangkan penggunaan huruf kecil memancarkan getaran yang lebih mudah didekati dan santai.
Meski begitu bukan berarti kalian tidak dapat menggunakan huruf besar sambil melembutkan tampilan dan warna. Logo yang baik bisa didapatkan dengan mempertimbangkan masalah keseimbangan.
Baca Juga 8 Jenis Desain Grafis, Calon Desainer Grafis Wajib Tahu
Sesuaikan nama dan tagline
Aturan utama dalam menghasilkan desain yang baik adalah soal keseimbangan visual. Walaupun ukuran tagline kecil, tetap wajib menyesuaikannya dengan nama.
Dengan menyelaraskan nama serta tagline, secara alami audiens akan merasa bahwa logo yang dibuat menyatu dengan baik.
Jika di antara nama atau tagline ada yang jauh lebih panjang, kalian dapat dengan mudah mengatasinya dengan menyesuaikan font atau ukuran salah satu elemen.
