top of page

8 Perusahaan yang Sukses Rebranding, Profit Makin Naik

Untuk mengembangkan dan mempertahankan sebuah usaha memang tak mudah. Di tambah lagi dengan perkembangan zaman yang dinamis, pemilik usaha harus selalu siap untuk mengikuti tren yang ada.

Biasanya untuk mengembangkan dan meningkatkan usaha, perusahaan akan melakukan rebranding.

Rebranding adalah upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengubah total atau memperbaharui sebuah brand, agar menjadi lebih baik dengan tidak mengabaikan tujuan awal perusahaan, yaitu berorientasi pada profit.

Perbaruan yang dilakukan ada banyak. meliputi campaign, desain, tagline, bahkan nama.

Berikut adalah daftar perusahaan yang sukses rebranding dan usahanya semakin berkembang, baik dari segi pemasaran dan profit.

Perusahaan yang Sukses Rebranding - Aqua

Perusahaan yang Sukses Rebranding – Aqua

  1. Aqua

Dari dalam negeri ada produk minuman kemasan, Aqua yang makin dikenal secara luas oleh masyarakat setelah melakukan rebranding.

Pada awalnya Tirto Utama mendirikan perusahaan air minum kemasan pada 1973 dengan nama Puritas (Pure Artesian Water) yang logo produknya adalah daun semanggi.

Kemudian, atas usul Eulindra Lim, konsultan Indonesia yang bermukim di Singapura, nama Puritas dinilai kurang menarik dan diubah menjadi Aqua.

Selain, namanya lebih mudah diingat, Aqua tersebut bunyinya mirip dengan nama panggilan Tirto Utomo, yaitu “A Kwa.”

Itu lah awal mula Aqua menjadi minuman kemasan yang sangat populer di Indonesia dan menghasilkan profit tinggi.

Semua itu bisa diraih salah satunya berkat branding Aqua yang bagus, mulai dari nama, desain, hingga pemasarannya.

  1. Dunkin’

Dunkin’ Donuts secara resmi mengubah namanya menjadi Dunkin. Walaupun identik sebagai penjual donat, kata donat dihilangkan karena sudah tidak lagi diperlukan.

Alasannya pelanggan sudah akrab dengan versi singkat karena tagline yang dicantumkan, yakni “America Runs on Dunkin.”

Bisa dibilang Dunkin adalah contoh perusahaan yang sukses rebranding di era modern ini.

Perubahan yang dilakukan termasuk desain ulang logo, desain kemasan, perombakan toko, dan di semua saluran periklanan dan pemasaran.

Berkat rebranding itu, Dunkin’ tetap berjaya dan tak dibayangi lagi sebagai toko yang hanya menjual donat.

Perusahaan yang Sukses Rebranding – Dunkin’

  1. Walmart

Walmart merupakan marketplace yang hampir bangkrut lantaran terkenal akan harga produknya yang mahal.

Untuk mengatasinya, Walmart mengganti tagline-nya yang awalnya “Always Low Price” menjadi “Save Money, Live Better” pada 2007.

Selain mengganti tagline, Walmart juga mengubah desain interior dan display-nya. Alhasil karena konsep baru tersebut image Walmart yang awalnya buruk kembali membaik.