7 Makna Warna dalam Desain Grafis, Ada Merah hingga Hitam
Warna dalam dunia desain grafis punya peran sangat penting. Oleh sebab itu, para desainer wajib mengetahui arti setiap warna, agar pesan yang ingin disampaikan bisa mudah dipahami audiens.
Agar tak terjadi kesalahan dalam mengaplikasikan warna-warna dalam karya desain grafis, sebagai desainer harus selalu update dan belajar.
Berikut adalah tujuh makna warna dalam desain grafis yang wajib diketahui.
Baca Juga 15 Tren Desain Logo 2023, Desainer Grafis Wajib Tahu
Merah (gairah, cinta dan kemarahan)
Merah merupakan warna hangat yang berhubungan dengan gairah, cinta, kemarahan, dan emosi.
Bukan hanya punya makna sebagai warna yang menggambarkan gairah, cinta, dan kemarahan, ada makna lainnya.
Merah dalam budaya Asia, berkaitan dengan keberuntungan, sedangkan di Amerika Latin, warna merah yang dipasangkan dengan putih, punya makna kekristenan.
Merah dapat menggambarkan buah ceri atau apel yang matang dan kaya nutrisi. Bisa juga melambangkan api dengan segala kekuatannya yang merusak dan memulihkan.
Oranye (kreativitas, kemudaan, dan antusiasme)
Berikutnya ada oranye yang punya makna yang hampir sama dengan merah.
Namun, oranye berkesan lebih aman daripada merah. Warna ini lebih untuk menggambarkan energi, keberanian, dan kecerahan.
Makanya, banyak yang memakai warna oranye untuk peralatan keselamatan.
Selain itu, warna ini juga terasa seperti semangat muda, jadi wajar jika populer untuk diterapkan di sejumlah merek anak-anak.
Baca Juga Jangan Ubah Logo Sembarangan, Kecuali 3 Hal ini Terjadi
Kuning (kebahagiaan, harapan, dan spontanitas)
Warna secerah mentari ini, membuat yang melihatnya menjadi bersemangat dan merasa senang.
Kuning adalah warna yang bahagia, wet muda, dan menarik perhatian dengan harapan dan kepositifannya.
Selain itu, warna ini juga kerap dijadikan simbol kehati-hatian, seperti merah dan jingga.
Dalam budaya Timur Tengah dan Amerika Latin, kuni