top of page

6 Tips Membuat Digital Painting Jadi Realistis 

Jika kamu bertanya soal cara menghasilkan digital painting yang tampak nyata, coba ikuti tips membuat digital painting jadi realistis berikut ini. 

Bagi para pelukis pemula membuat karya yang realistis secara digital memang tak mudah. Kamu masih membutuhkan jam terbang lebih agar bisa mewujudkannya.

Namun, bukan berarti kamu tak bisa mencapainya dengan lebih cepat, karena ada sejumlah tips membuat digital painting jadi realistis, simak caranya di bawah ini, dilansir dari Design.tutsplus.com.

Baca Juga 15 tren logo yang muncul untuk tahun 2023

Cara membuat digital painting jadi realistis

1. Gunakan tekstur foto 

Salah satu cara hebat untuk membuat digital painting menjadi lebih realistis adalah menambahkan tekstur foto. 

Tekstur foto adalah bagian dari foto yang kamu warp dan manipulasi untuk dibaurkan dengan lukisan.

Teknik ini sangat bagus untuk mendapatkan tekstur yang sempurna untuk pakaian, kulit, detail alami, dan grit dan grunge secara umum.

Tips Membuat Digital Painting Jadi Realistis – Canva

2. Cat dengan kuas tekstur

Apakah kamu tahu seniman bernama Bob Ross yang selama satu dekade melukis pemandangan indah dengan cat minyak di acara televisinya yang hits, The Joy of Painting.

Dia bisa menghasilkan lukisan yang detail dan sangat realistis dengan menggunakan bahan sederhana, termasuk kuas kipas untuk mengecat semua dedaunan untuk pohonnya yang khas. 

Sama seperti melukis dengan media digital, kamu harus punya berbagai kuas tekstur di software yang digunakan. 

Kamu bisa mendapatkannya secara online atau membuat kuas tekstur sendiri agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

ips Membuat Digital Painting Jadi Realistis

Tips Membuat Digital Painting Jadi Realistis – Canva

Baca Juga 6 Ide Logo Kreatif, Cocok Buat Desain Produk dan Perusahaan

3. Terapkan Ambient Occlusion untuk pencahayaan 

Ambient Occlusion merupakan teknik shading atau rendering, di mana objek terlihat makin realistis atau nyata dengan cara membuat perhitungan terkait cahaya yang akan diterima setiap sisi objek. 

Kemampuan sejumlah software buat melukis memang keren, karena bisa mengonversi tone abu-abu menjadi karya warna-warni yang dinamis. 

Namun dengan Ambient Occlusion, kamu cukup menerapkan skenario pencahayaan universal yang bisa memangkas setengah waktu pemberian warna.

Pada saat kamu selesai mengubah hitam putih menjadi warna, lukisan itu hampir selesai. Kamu tak perlu mengotak-atik tanpa henti warna apa yang ingin diaplikasikan.