top of page

11 Fitur Tersembunyi Canva yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Canva adalah salah satu alat desain grafis yang paling populer di dunia. Seiring dengan popularitasnya, Canva terus menambahkan fitur baru untuk memenuhi kebutuhan pengguna. 

Terlebih lagi, ada beberapa fitur tersembunyi Canva yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. 

Di artikel ini, Sekolah Desain akan membahas beberapa fitur tersembunyi Canva yang akan membantu kamu mengoptimalkan pengalaman desain grafis.

Fitur Tersembunyi Canva

Fitur Tersembunyi Canva – Freepik

Baca Juga 5 Alasan Jangan Pakai Canva Buat Logo

Daftar fitur tersembunyi Canva 

1. Color Wheel

Mungkin salah satu bagian yang paling menegangkan dalam membuat desain di Canva adalah menemukan warna yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Untungnya, Canva dilengkapi dengan Color Wheel untuk membantumu membuat kombinasi warna yang kamu butuhkan.

Cukup pergi ke Color Wheel Canva dan masukkan warna yang kamu sukai. Maka kamu bisa dengan mudah memilih kombinasi warna apa yang ingin kamu hasilkan.

2. Color Palette Generator

Pernahkah kamu menemukan foto Instagramable online dan ingin menggunakan skema warnanya dalam desainmu? Color Palette Generator Canva memungkinkanmu melakukan hal itu.

Setelah mengunggah foto kamu di situs tersebut, ia akan secara otomatis membuat palet untukmu berdasarkan warna-warna dalam gambar.

Ada juga banyak gambar demo yang tersedia di Canva jika kamu tidak memiliki foto inspiratif untuk diunggah.

3. Makna warna 

Fitur makna warna Canva adalah salah satu alat yang paling diremehkan. Kamu mungkin tidak selalu memerlukannya, tetapi sebenarnya itu adalah sumber daya yang sangat baik ketika kamu ingin menambahkan sedikit simbolisme pada desainmu.

Selain memberitahumu makna di balik suatu warna, fitur ini juga memiliki beberapa informasi berguna seperti nilai RGB warna, konversi CMYK, dan warna lain yang cocok secara sempurna dengan warna tersebut.

4. Panduan ukuran desain 

Dengan berbagai macam penggunaan desain Canva, sulit untuk mengingat ukuran yang dibutuhkan untuk masing-masing.

Ada ukuran spesifik untuk gambar video YouTube, foto header Twitter, pin potret Pinterest, banner toko Etsy, dan masih banyak lagi.

Jika kamu tidak ingin mencarinya di internet setiap kali kamuperlu tahu ukuran yang sesuai, cukup pergi ke panduan ukuran desain Canva.

5. Styles

Jika kamu kesulitan mencari pasangan font yang sempurna atau palet warna yang ideal untuk desain, kamu bisa mencoba menemukannya di fitur Styles Canva.

Fitur ini tersembunyi di bagian “More” pada panel kiri dasbor desain. Kamu bisa menemukan setidaknya 30 set font dan palet warna yang berbeda di sini, plus beberapa kombinasi palet warna dan gaya font yang telah dibuat sebelumnya. 

Baca Juga 10 Plugin Figma Terbaik buat Desainer UI/UX

Fitur Tersembunyi Canva – Freepik

6. Generator kode QR

Alat lain yang tersembunyi di balik panel desain Canva ada generator kode QR. Cara menggunakannya cukup mudah.

Kamu hanya perlu menempelkan URL di bidang teks, dan itu akan membuat kode QR untuk dimasukkan ke dalam desain.

Ini sangat membantu jika kamu ingin memberikan cara mudah bagi audiens untuk mengakses situs web atau mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan.